Kamis, 02 Juli 2009

Banyak Siswa = Pendapatan sekolah

Tahun Pelajaran 2008/2009 sudah berakhir di bulan Juni 2009, dan saat ini seluruh sekolah sedang melaksanakan kegiatan rutin Penerimaan Siswa Baru (PSB). untuk menjaring siswa baru pada tahun pelajaran 2009/2010. Kegiatan yang sama juga dilakukan di sekolah saya, SMP Negeri 2 Karang Intan. Sudah sejak 3 minggu terakhir, persiapan PSB di lakukan, mulai dari kegiatan pembentukan panitia PSB, pembuatan spanduk, mencetak formulir pendaftaran, hingga kegiatan promosi.
Mengapa saya sebut kegiatan promosi, karena kalau biasanya panitia PSB hanya menunggu pendaftar datang pada waktu yang ditentukan, maka sudah sejak 2 tahun terakhir ini, SMPN 2 Karang Intan berinisiatif untuk jemput bola. Tim PSB bergerilya ke SD - SD yang berada di lingkungan SMP Negeri 2 Karang Intan untuk membagikan selebaran dan formulir pendaftaran. Selebaran yang dibagikan tentunya berisi tentang keunggulan-keunggulan yang dimiliki sekolah. dengan kata lain, mengedepankan tentang keuntungan jika calon siswa memilih SMP Negeri 2 Karang Intan sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan.
Langkah yang diambil selama 2 tahun terakhir ternyata efektif untuk menambah jumlah pendaftar, terbukti, sudah 2 tahun terakhir jumlah siswa baru yang duluya haya berkisar pada angka 40 an siswa, menjadi 63 siswa, dan tahun pelajaran hingga hari ini terdaftar sebanyak 68 orang siswa. ini berarti, jumlah siswa bertambah, karena siswa yang keluar tahun ini 39 orang dan yang masuk sekarang sudah 68 orang siswa.
Semua orang yang berkecipung di dunia pendidikan tentunya sependpaat bahwa keberhasilan pengembangan sekolah tergantung pada besarnya anggaran. Kegiatan atau program sekolah yang direncanakan akan dapat terlaksana jika didukung dana sekolah. Dan besarnya dana yang diterima sekolah, sangat tergantung pada besarnya siswa yang dimiliki sekolah, sebab kucuran dana dari pusat dan daerah untuk sekolah diberikan berdasarkan banyaknya jumlah siswa. Cukup masuk akal apabila sekolah kami bekerja ekstra untuk jemput bola guna menarik minat calon siswa baru, sebab menyadari bahwa rumus pengembangan sekolah saat ini adalah Banyak siswa = Pendapatan sekolah.

Tidak ada komentar: